Saturday, 25 January 2014

METODE KUANTITATIF DAN METODE KUALITATIF

Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara acak, pungumpulan data menggunakan instrumen penelitian seperti kuisioner. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hipotesis tersebut diuji melalui pengumpulan data lapangan. Data yang terkumpul diuji secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang dirumuskan terbukti atau tidak. Hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi dimana sampel tersebut diambil.

Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen). Obyek yang alamiah artinya obyek yang berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti. Peneliti adalah sebagai instrumen kunci, untuk itu seorang peneliti harus memiliki wawasan yang luas dan bekal teori yang kuat, sehingga mampu bertanya, menganalisis, memotret, menginterpretasikan dan menkonstruksi fenomena dalam situasi sosial yang diteliti menjadi lebih jelas dan bermakna. Teknik pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball dan teknik pengumpulan dengan gabungan (trianggulasi). Analisis data bersifat induktif/kualitatif, berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan dan kemudian dikonstruksikan menjadi hipotesis atau teori. Dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

Perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif meliputi tiga hal, yaitu:
1. Perbedaan aksioma yaitu pandangan dasar.


2. Perbedaan proses penelitian.
Pada penelitian kuantitatif pada prinsipnya untuk menjawab masalah. Bertolak dari studi pendahuluan dari obyek yang diteliti. Proses penelitian bersifat linier, dimana langkah-langkahnya jelas, mulai dari rumusan masalah, berteori, berhipotesis, mengumpulkan data, analisis data dan membuat kesimpulan dan saran.
Penelitian kualitatif pada dasarnya belum memiliki masalah atau keinginan yang jelas, tetapi dapat langsung memasuki obyek/lapangan. Proses penelitian kualitatif dilakukan secara sirkuler, berulang-ulang dengan berbagai cara dan berbagai sumber. Proses penelitian kualitatif terdiri dari tahap deskripsi, tahap reduksi dan tahap seleksi.

3. Perbedaan karakteristik penelitian.


































Reference:
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung.
- Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment