Saturday, 11 January 2014

VARIABEL PENELITIAN

Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.

Menurut Hatch dan Farhady (1981), variabel sebagai atribut seseorang atau obyek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau obyek. Menurut Kerlinger (1973) variabel adalah konstruk atau sifat yang akan dipelajari. Menurut Kidder (1981) variabel adalah suatu kualitas dimana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.

Jadi variabel adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Jenis-jenis variabel berdasarkan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya:
  1.  Variabel independen. Nama lainnya adalah variabel bebas, stimulus, predictor, antecendent. Yaitu variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen.
  2. Variabel dependenNama lainnya adalah variabel tak bebas, terikat, output, kriteria atau konsekuen. Yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel independen.
  3. Variabel Moderator. Variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Atau disebut juga variabel independen kedua.
  4. Variabel Intervening. Variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen yang menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati atau diukur.
  5. Contoh Hubungan Variabel Independen, Dependen, Intervening dan Moderator
  6. Variabel KontrolVariabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang tidak diteliti. Biasa sdigunakan peneliti untuk penelitian yang bersifat membandingkan.
Contoh Hubungan Variabel Independen, Dependen dan Kontrol
Untuk dapat melihat manakah variabel independen, dependen, moderator, intervening atau pun variabel kontrol, kita harus tahu konteksnya dengan dilandasi dengan konsep teoritis yang mendasari maupun hasil dari pengamatan yang empiris.

Untuk itu sebelum peneliti memilih variabel apa yang akan diteliti perlu melakukan kajian teoritis dan melakukan studi pendahuluan terlebih dahulu pada objek yang akan diteliti. 

Reference:
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung.
- Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Mediakom. Yogyakarta.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment