Wednesday, 29 July 2015

~"ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS)" -- 1~

Analisis jalur merupakan perluasan dari analisis regresi linear berganda. Analisis jalur digunakan untuk menguji pengaruh variabel intervening dan untuk mengetahui pengaruh secara langsung atau pun tidak langsung antar variabel.

Pengaruh langsung misalnya hubungan antara variabel bebas dengan variabel tak bebas secara langsung tanpa melalui variabel lainnya. Sedangkan pengaruh tidak langsung adalah hubungan antara variabel bebas dan variabel tak bebas namun melalui variabel lainnya. Adapun variabel lainnya seperti variabel intervening dan variabel moderator. Coba klik dan baca jenis-jenis variabel.

Sebagai contoh penelitian yang akan melihat pengaruh motivasi terhadap produktivitas dengan insentif sebagai variabel intervening. Dalam hal ini variabel bebas adalah variabel motivasi dan variabel tak bebas adalah variabel produktivitas kerja. Hubungan langsung adalah pengaruh antara motivasi terhadap produktivitas kerja. Sedangkan pengaruh tak langsung adalah pengaruh motivasi terhadap produktivitas melalui adanya variabel insentif. Jika digambarkan maka :




Adapun asumsi dari analisis jalur diantaranya :
  1. Hubungan antara variabel adalah bersifat linear, adaptif dan normal.
  2. Arah hubungan hanya satu arah, tidak ada arah hubungan berbalik.
  3. Variabel terikat minimal dalam skala ukur interval atau pun rasio.
  4. Menggunaka probability sampling.
  5. Observed Variable diukur tanpa kesalahan artinya variabel yang diteliti dapat diobservasi secara langsung (instrumen pengukuran valid dan reliabel).
  6. Model yang dikaji disusun berdasarkan teori.


Penjabaran analisis jalur :
  1. Diagram jalur adalah alat yang digunakan untuk melukiskan secara grafis mengenai struktur hubungan antar variabel bebas, variabel tak bebas dan variabel intervening. 
  2. Persamaan struktural menggambarkan hubungan sebab akibat antar variabel yang diteliti yang dinyatakan dalam bentuk persamaan matematis.


Next....Langkah-langkah dengan SPSS >>>

by MEYF


Reactions:

0 comments:

Post a Comment